Resep Membuat Cilok Enak, Mudah, dan Sehat


Sahabat SEKUTRa (Sehat Kuliner Traveling) hari libur gini enaknya ngapain ya? Nah, pingin makan yang enakkan? Pingin jalan-jalan yang asyikkan? Dan tentunya harus tetap sehat. Setuju?

Oke deh, hali ini SEKUTRa akan berbagi resep sehat makanan yang disukai teman-teman. Apa lagi buat Traveling, pas banget kayaknya. Apasih makanannya? Makanananya CILOK, tahukan cilok? Yes, pastinya tahu.

Eh, sasran SEKUTRa yang suka jilok bolehlah beli di luar, namun jangan sering-sering. BERBAHAYA heeee…. karena kita tidak tahu bagaiman cara memasak dan bahan-bahannyakan? Mending liburan kali ini kita membuat sendiri CILOKnya. Bisakan? Jika tidak bisa jangan kuatir, SEKUTRa akan membantu teman-teman membuat cilok dengan Mudah dan pastinya SEHAT bro …. Sahabat SEKUTRa jangan kuatir karena resep ini sudah kami praktikan dan rasanya jos habis. Kita simak yuk, gimana membuatnya

BAHAN-BAHAN
1.    Tepung trigu 300g
2.    Tepung kanji 250g
3.    Bawang putih 4 siung
4.    Mrica 7 butir
5.    Garam ½ sdm
6.    Telur puyuh, daging ayam, daging sapi, saos sambal alami


CARA MEMBUAT CILOK
Campurkan bumbu dengan tepung, beri air, uleni hingga kalis. Bentuk bulat-bulat (betuk selerea Anda). Isi tengahnya dengan bawang goreng, telur puyuh, daging, keju, dll. Masukkan ke dalam air yang mendidih. Angkat dan tiriskan setelah cilok terapung. Cilok siap disajikan dengan kecap, saos, dan sambal.

CARA MEMBUAT SAOS SAMBAL ALAMI
Tomat, bawang putih, cabe (haluskan). Bawang merah tumbuk kasar. Garam sedikit. Kecap. Tepung trigu beri air secukupnya hingga kental.

Cara Membuat : Tumis bahan sampai harum. Masukkan air sedikit. Beri garam dan kecap. Tambahkan larutan trigu sampe saos agak kental, saos siap dijadikan pelengkap.

Cilok bisa kita modifikasi kandungan gizinya dengan merubah isi dari cilok. Sahabat, bisa mengembangkan sendiri model-model cilok yang baru, rasa baru, dan yang pasti kebersihan lebih ditekankan. Jika di daerah Anda belum ada warung lesehan cilok, silahkan dicoba. Tambah bagus ditambah dengan jual es juice. Wah … bakalan banyak yang berdatangan looo …. Selamat Berkarya.


Resep dan Praktik : Hikmah Sakinah

Resep ini pernah kami muat di https://bchree.wordpress.com/2012/10/25/saat-cilok-dilihat-sebelah-mata/
Jika ingin berkunjung klik di sini

Sumber Gambar
https://www.merdeka.com/gaya/3-cara-membuat-cilok-dan-bumbu-kacang-cilok-yang-enak-dan-mudah-kln.html
http://damararung.blogspot.com/2016/01/cilok-mas-jawir.html
https://resepkoki.id/resep-cilok/

2 Komentar untuk "Resep Membuat Cilok Enak, Mudah, dan Sehat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel