Ini Dia 9 Dari Manfaat Buah Pinang Yang Perlu Anda Tahu



Dari kecil dulu kita tahunya bauh pinang hanya untuk dikunya orang tua “menginang” dicampur dengan suruh dan beberapa herbal lain. Kalua pohonnya bagus untuk membuat kayu atap rumah. Nah setelah membaca beberapa liratur ternyata banyak juga ya manfaatnya. Mari kita simak sahabat SEKUTRa.


1. MENGHENTIKAN PENDARAHAN
Pinang dipercaya ampuh untuk menghentikan pendarahan yang terjadi akibat luka di kulit hingga mengatasi mimisan. Buah pinang dapat diminum air rebusannya atau dihancurkan dan ditempal/oleskan langsung pada bagian kulit yang terluka. Bisa coba sob.

2. MENGOBATI GANGGUAN PENCERNAAN
Pinang merupakan sahabat pencernaan kita. Jadi sobat meski rajin mengkonsumsinya. Pinang dipercaya dapat membantu untuk mengatasi konstipasi atau kesulitan buang air besar. Selain itu, buah ini juga baik untuk memelihara usus besar dan usus halus. Pinang juga sering kali dijadikan ramuan untuk mengatasi diare karena memiliki kemampuan mengeluarkan racun dalam tubuh.

3. MELINDUNGI GIGI
Pantes saja orang-orang dulu suka nginang atu nyosor, dan buah yang dipkai adalah buan pinang. Manfaat pinang muda selanjutnya adalah mencegah gigi dari kerusakan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pinang memiliki aktivitas antimikroba yang dapat mencegah aktivitas bakteri penyebab gigi berlubang. Pinang juga dapat membuat gusi dan gigi menjadi lebih kuat.

pohon buah pinang dan buahnya


4. MENINGKATKAN NAFSU MAKAN
Konsumsi pinang secara rutin dipercaya dapat membangkitkan nafsu makan seseorang. Gangguan nafsu makan tentunya tidak boleh dianggap sepele karena akan membuat kebutuhan nutrisi seseorang tidak terpenuhi dan memicu gangguan tubuh lain yang lebih serius.

5. MENGATASI CACINGAN
Sudah berapa kali minum obat cacing? Nah, Pinang juga dipercaya dapat mengatasi cacingan. Penyakit cacingan banyak dialami oleh anak-anak, namun tidak jarang juga orang dewasa yang terkena cacingan. Keberadaan cacing dalam saluran pencernaan dapat mengganggu sistem pencernaan dan menghambat penyerapan nutrisi untuk tubuh.


6. MENGATASI BAU MULUT
Mulut Anda bau? Nih , solusi kerennya adalah buah pinang. Selian dapat melindungi gigi, pinang juga dapat mengatasi bau mulut. Sama halnya seperti masalah gigi berlubang, bau mulut juga diakibatkan oleh aktivitas bakteri dalam mulut. Menggunakan buah pinang sebagai obat kumur bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi secara keseluruhan.



7. PENGOBATAN GLAUKOMA
Pinang juga sahabat mat loe. Glaukoma merupakan berbagai kondisi mata yang dapat memicu kebutaan. Buah pinang dipercaya dapat membantu pengobatan glaukoma. Hal ini karena buah pinang dipercaya dapat menstimulsi sistem saraf pusat. Pinang juga memiliki manfaat untuk mengatasi rabun mata yang diakibatkan oleh berbagai sebab.

8. BAIK UNTUK KESEHATAN KULIT
Pinang juga dipercaya sebagai buah yang baik untuk kulit. Buah pinang dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit berminyak. Perawatkan kulit menggunakan pinang juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini atau bahkan menyamarkan tanda-tanda penuaan yang terlalnjur muncul.

9. MENINGKATKAN GAIRAH SEKSUAL PRIA
Bagi yang belum nikah, ngak usah baca ini ya heeeeee ….. Manfaat pinang muda yang paling terkenal salah satunya adalah dapat meningkatkan gairah seksual, terutama pada pria. Manfaat pinang yang satu ini dipercaya didapatkan dari kandungan alkaloid aktif dalam pinang berupa senyawa arekolin.

Pria yang mengonsumsi air rebusan pinang maupun buah pinang secara langsung staminanya dipercaya akan naik. Beberapa sumber bahkan menyatakan bahwa pinang juga dapat mengatasi penyakit disfungsi seksual pada pria.

buah pinang masih muda

CARA KONSUMSI PINANG
Buah pinang muda maupun tua sama-sama dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Pinang juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara.

Pinang bisa dikonsumsi langsung, direbus dan diminun air rebusannya, dan terdapat juga pinang yang sudah diekstrak dan tersedia dalam bentuk jamu. Pinang yang dikonsumsi secara langsung juga bisa dimakan mentah ataupun dimasak dengan cara dipanggang maupun di bakat.

Manfaat buah pinang untuk kesehatan memang sangat banyak, namun sebagian manfaat ini belum memiliki bukti ilmiah, Oleh karena itu, konsumsilah pinang dengan hati-hati dan tidak berlebihan.

Jika muncul efek samping pinang seperti reaksi alergi, mual, muntah, peningkatan detak jantung, maupun efek samping lainnya, segera hentikan penggunaan pinang dan konsultasikan ke dokter.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan lain, Anda juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan pinang. Penggunaan pinang sebagai obat herbal bisa memengaruhi kerja obat yang sedang Anda gunakan atau bahkan meningkatkan efek samping keduanya. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!



Sumber Literatur
https://doktersehat.com/manfaat-buah-pinang/
https://www.bukalapak.com/p/kesehatan-2359/obat-suplemen/herbal/as1e8l-jual-buah-pinang-muda-segar-1kg-jambe-herbal-perkasa
https://www.pilarsulut.com/2018/03/buah-pinang-kotamobagu-jadi-incaran-jepang/
https://blog.elevenia.co.id/8-manfaat-buah-pinang-untuk-kecantikan-dan-kesehatan/

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia 9 Dari Manfaat Buah Pinang Yang Perlu Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel